Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Cek Akreditasi Sekolah SD/SMP/SMK/SMA/Madrasah di BANSM

Sesuai dengan judul diatas, pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara mengecek status akreditasi sekolah, baik itu sekolah SD, SMP, SMA dan SMA melalui situs resmi BAN S/M. Namun sebelum itu, kami akan menjelaskan apa itu akreditasi dan BANSM agar kamu bisa memahami perihal tersebut secara lebih rinci.

Cara Cek Akreditasi Sekolah SD/SMP/SMK/SMA/Madrasah di BANSM

Apa itu akreditasi? dan apa pentingnya mengetahui akreditasi sebelum mendaftar ke sekolah? Akreditasi adalah sebuah nilai kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan bererapa kriteria yang akan dinilai oleh BAN S/M. Sistem penilaian sekolah ini telah diatur dan ditetapkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, pasal 1 ayat (22). 

Sedangkan sekolah yang dimaksud di sini adalah bentuk satuan pendidikan formal di indonesia yang terdiri dari sekolah dasar (SD), madrasah ibtidaiyah (MI), sekolah menengah pertama (SMP), madrasah tsanawiyah (MTs), sekolah menengah atas (SMA), madrasah aliyah (MA), sekolah menengah kejuruan (SMK), madrasah aliyah kejuruan (MAK), sekolah luar biasa (SLB), satuan pendidikan kerjasama (SPK), dan satuan pendidikan formal lain yang sederajat.

Lantas apa itu BAN S/M? Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah disingkat (BAN S/M) adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan yang berlaku di Indonesia.

Dari pengertian diatas, maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa Akreditasi adalah nilai dari kelayakan suatu sekolah yang dikeluarkan oleh lembaga BAN S/M. Sehingga sebuah sekolah bisa dinyatakan layak apabila sudah mempunyai akreditasi, jika tidak punya maka sistem pendidikan di sekolah tersebut masih diragukan dan tidak di izinkan menyelenggarakan Ujian Nasional oleh pemerintah.

Oleh sebab itu, maka sebelum melakukan pendaftaran sekolah sebaiknya kamu melakukan riset untuk mengetahui status akreditasi sekolah terlebih dahulu. Berikut ini adalah tata cara mengecek akreditasi sekolah pada situs resmi Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah disingkat (BAN S/M).

Cara Cek Akreditasi Sekolah SD/SMP/SMK/SMA/Madrasah di BANSM

1. Langkah pertama buka https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi

2. Selanjutnya isi form yang muncul seperti gambar dibawah ini
Cara Cek Akreditasi Sekolah SD/SMP/SMK/SMA/Madrasah di BANSM

3. Selanjutnya klik 'CARI SEKOLAH'

Cara Cek Akreditasi Sekolah SD/SMP/SMK/SMA/Madrasah di BANSM

4. Jika nama sekolah dan data sekolah yang kamu masukkan benar, status akreditasi sekolah akan muncul dibawahnya seperti gambar di bawah ini.

Cara Cek Akreditasi Sekolah SD/SMP/SMK/SMA/Madrasah di BANSM
Nilai akreditasi sekolah biasanya dicantumkan dalam huruf A/B/C yang mempunyai nilai:

  • Akreditasi A : NA 91-100
  • Akreditasi B : NA 81-90
  • Akreditasi C : NA 71-80
  • Tidak Terakreditasi : NA 61-70
  • Sangat Kurang : NA 00-60 (sekolah tidak layak)

Nah itulah tata cara melakukan pengecekan status akreditasi sekolah resmi melalui situs BANP S/M. Apabila masih ada pertanyaan terkait status akreditasi sekolah, kamu bisa menanyakannya melalui kolom komentar. Sekian dan Terima Kasih.

DaftarSMK.com : Cara Cek Akreditasi Sekolah SD/SMP/SMK/SMA/Madrasah di BANSM